Feeling Stuck dan 6 Hal Cara Mengatasinya

November 15, 2017


Feeling stuck perasaan seperti ini sangat membingungkan.


Beberapa hari ini saya merasakan hal semacam ini selain membuat saya kebingungan, ini juga membuat saya frustasi dalam beberapa hari. Tidak hanya itu saja, terkadang saya pun merasa seperti ingin bergerak maju, tapi dunia di sekitar saya tetap sama.
Beda dengan teman-teman saya atau orang lain yang telah mengalami berbagai macam gerakan dan perubahan. Namun, saya merasa seperti tidak bergerak ke mana-mana. Tak jarang terkadang rasanya seperti memilih jalan yang salah dan seolah-olah hidup ini tidak benar-benar terasa seperti milik saya lagi. Bagaimana pun juga saya melihat itu tidak terlalu menyenangkan dan saya benar-benar tidak tahu langkah apa yang selanjutnya harus dilakukan. Hal ini membuat saya benar-benar seperti stagnan.


Saya yakin ini terjadi pada hampir semua dari kita dan itu hanya bagian dari kehidupan. Memang ini hanya feeling bukan fakta, tapi hal ini bisa membuat saya bahkan kamu merasa sangat tidak nyaman, merasa seperti ingin menyerah, berkecil hati, dan memiliki rasa cemas. Selama saya berada di feeling stuck ini banyak hal yang saya temui untuk kebaikan diri saya sendiri dan saya juga ingin berbagi pengalaman saya agar kamu bisa keluar dari situasi ini. Pelajaran yang bisa saya ambil dari situasi feeling stuck ini adalah terkadang menerima apa adanya itu semua yang dibutuhkan untuk merasa lebih baik dan terus maju. Inilah 6 hal cara mengatasi ketika kamu berada di situasi feeling stuck.

1. Temukan Tujuan atau Hoby Baru
Menemukan tujuan atau hoby baru untuk diri bisa sangat mengasyikan. Sesuatu yang belum pernah kamu coba, sesuatu yang melibatkan kamu keluar dari zona nyaman. Ini akan memberi dorongan dan memaksa dirimu untuk bisa memikirkan langkah-langkah yang perlu kamu ambil untuk menentukan tujuan yang ditetapkan.

2. Memisahkan Diri dari Orang-orang Negatif
Berbaur dengan orang-orang yang memiliki pandangan positif akan membuat kehidupan kamu lebih termotivasi dan semangat untuk menjalankan kehidupan di masa kini dan masa depan.

3. Disconnect dan Ekspresikan Kreativitasmu
Beri kamu waktu untuk beristirahat. Matikan hanphonemu lakukan hal yang menyenangkan seperti membaca, mendengarkan musik, olahraga renang, memasak atau cobalah untuk berjalan-jalan keluar rumah tanpa hanphonemu dan rasakan angin sepoi-sepoi  di kulit kamu. Fokuslah sehari itu untuk diri kamu sendiri agar lebih baik lagi dan bisa membentuk kebiasaan positif. 

4. Membuat Catatan
Tulislah. Carilah hal yang sudah kamu capai. Ini bisa mengalihkan fokus kamu untuk memulai bergerak maju,memikirkan semua hal yang indah tentang kamu, tentang hidup kamu.


5. Perjalanan
Cobalah tempat baru yang jauh dan dekat untuk mendapatkan suatu tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya.

6. Membaca dan Pelajari
Dengan membaca kamu tidak hanya mendapatkan sesuatu pengetahuan yang baru tapi kamu juga bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi. Jadi mulailah segera memburu sesuatu untuk kamu baca!

Melakukan hal-hal ini dapat membantu kamu merasa terinspirasi dan bebas. Bila kamu berada di situasi feeling stuck ini ada baiknya jangan biarkan perasaan negatif mengambil alih. Lakukan sesuatu yang membuatmu lebih baik, cobalah sesuatu yang baru dan menarik. Ingatlah bahwa tidak apa-apa untuk tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Tidak apa-apa untuk merasa terjebak dan terkadang menjadi lemah. Luangkan waktu untuk menyadari bahwa kamu sudah memiliki semua yang kamu butuhkan untuk merasa baik-baik saja.

You Might Also Like

0 WRITE A COMMENT

Flickr Images