Mendapatkan Sakit Kepala Setelah Berolahraga, Apa Artinya?

Desember 15, 2017


Jadi beberapa Minggu ini saya sedang cinta-cintanya berolahraga, mau itu yang di luar ataupun di dalam rumah. Namun, akhir minggu lalu saya mencoba untuk berolahraga di dalam rumah yaitu senam.
Biasanya saya melakukan senam ini dalam jangka waktu seminggu 5 - 6 kali, yang sehari lagi adalah waktu untuk mengistirahatkan badan saya. Senam yang saya lakukan memang termasuk senam yang sangat berat dan benar-benar tidak ada waktu istirahat yang di tentukan dan ya, ketika mereka bergerak berganti gaya lainnya saya pun mengikutinya tanpa istirahat juga yang pada akhirnya badan saya sendiri menjadi lemas dan kepala pun terasa pusing. Ini sangat buruk, saya juga sangat bingung ketika mengalami ini. Lalu kemudian saya mencoba konsultasi dengan kawan saya yang dimana dia seorang pelatih senam. Hal-hal inilah yang menyebabkan sakit kepala setelah berolahraga baik senam, lari ataupun lainnya:

  • Dehidrasi dan Nutrisi yang Tidak Tepat

Hal ini bisa terjadi karena tubuh tidak mampu menggunakan energi ketika saya tidak minum cukup air. Jadi pastikan ya untuk cukup minum air putih. Untuk nutrisi sendiri harus kamu pastikan juga sebelum kamu berolahraga usahakan untuk memakan buah-buahan terlebih dahulu; buah apel, semangka, melon atau anggur. Dalam hal ini juga makan-makanan yang sehat sangat diperlukan jangan terlalu fokus dengan timbangan saja ya tapi ternyata asupan nutrisi kamu sebelum olahraga malah tidak di perhatikan, itu adalah tindakan yang salah. Pastikan setelah makan dan minum usahakan untuk menunggu waktu sampai 1 jam barulah kamu bisa melakukan olahraga.

  • Perubahan Tingkat Stres
Apa saya stres? Oh no!!! Haha disini bukan stres gila ya maksudnya. Oke jadi stres memang sangat membuat diri kita merasakan sakit kepala. Entah karena stres pekerjaan, tugas yang menumpuk atau lainnya yang dimana semua masalah terlalu banyak dan pada akhirnya hanya menumpuk di kepala. Teman saya bilang olahraga mampu mengurangi tingkat stres yang merupakan pemicu si sakit kepala ini, oleh karenanya itu sangat penting untuk menjaga agar tingkat stres tetap rendah dan tidak bertambah.


  • Olahraga fisik Terlalu Berat

Saya amat menyadari bahwa olahraga yang saya lakukan tergolong berat dan benar-benar tidak bisa langsung diterima oleh tubuh saya. Jadi ya, saya rasa tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat untuk tubuh sendiri jika ini terjadi dengan kamu saya harap kamu cepat-cepat untuk berhenti dan tidak melanjutkannya.


  • Aliran oksigen ke Otak Berkurang

Sangat sangat sangat benar sekali! Hal ini bisa terjadi karena ketika kita kurang tepat mengambil dan membuang nafas itu akan menyebabkan darah kekurangan kadar oksigen pada akhirnya terjadilah kepala pusing ini. Cara mengatasinya dengan teknik pernafasan, kalian bisa bernafas melalui hidung dan kemudian dikeluarkan melalui mulut.

Lalu apa pencegahan yang bisa dilakukan ?

Bagi saya ukuran pencegahan terbesar adalah dengan meminum air putih yang cukup dan makan buah-buahan untuk tetap menjaga energi sebelum memulai olahraga. Begitu juga dengan olahraga fisik yang berat tentunya akan saya kurangi dengan begitu olahraga aman, nyaman dan tidak menimbulkan sakit kepala dan jangan lupa untuk selalu menyertakan pemanasan sebelum berolahraga hal ini sangat bermanfaat karena bisa menurunkan tingkat cedera dan stres pada tubuh. 

You Might Also Like

0 WRITE A COMMENT

Flickr Images