Tips Menabung

Maret 20, 2017

Mau keliling dunia tapi gak punya tabungan? Oemjih!
Ketika gajian cuma numpang lewat aja, lalu jadi lupa nabung. Di akhir bulan tiba-tiba udah abis aja uang di ATM. Alhasil ngubek-ngubek catatan siapa aja orang yang ngutang tapi belum bayar-bayar, hasilnya yang di tagih utang cuma bilang " besok ya bayarnya, aku belom gajian nih", ya Allah geregetan rasanya, ngutang dari tahun kapan sampe di tahun ini belom di bayar juga. Ya Allah kenapa jadi curcol gini, oke oke balik lagi ke pembahasan awal. Etapi enaknya di apain ya orang yang suka ngutang tapi pas di tagih alesannya kaya gitu, tapi tapi kalau gak di tagih dianya malah makan enak-enak. Nah kan gagal fokus lagi. Haaa
Lalu bagaimana bisa sih, gajian kok cuma numpang lewat aja, rasanya ini kebangetan banget ya, kerja capek tapi tabungan Rp. 0,- ya ampun ngenes amat. Tapi, emang sih susah kalau nabung gak di niatin dari hati, rasanya berat gak karuan. Lalu bagaimana caranya supaya gaji yang kita punya tak terancam karena pemborosan tawaran beli ini dan itu, btw disini aku mau berbagi tips untuk kamu yang lagi mau nabung.
  • Kamu harus tahu gaji kamu perbulan berapa. Dengan begitu, kamu bisa menentukan kategori untuk pengeluaran kamu sendiri, manfaat dari kategori ini adalah agar uang yang kamu keluarkan tidak berantakan. Jangan lupa di catat juga ya. Dengan begini kamu jadi bisa tahu, apa saja sih yang kamu perlukan atau bahkan tidak kamu perlukan tapi kamu tetap membelinya.
  • Jika kamu punya satu ATM , aku menyarankan cobalah untuk membuka rekening baru lagi. Fungsinya adalah agar uang gajian dan uang tabungan tidak di tempatkan pada satu ATM.

  • Mau nabung tapi mau belanja juga? Tenang kamu masih bisa kok nabung dan belanja. Caranya kamu bisa menabung dan belanja dengan caraku tahun ini. Dengan adanya konsep ini aku rasa kamu bisa terhindar juga dari mbak-mbak spg di mall yang nawarin gincu. Awas jangan tergoda, inget tujuan awal, fokus nabung fokus nabung! Jangan beli gincu terus. Haa

                   

  • Jangan terlalu banyak mengambil uang tunai karena itu juga cenderung membuat diri kamu sendiri untuk boros. Jika itu adalah kebiasaanmu, aku harap kamu bisa menghentikan itu.
  • Ini tips yang terakhir yang saat ini sedang aku terapkan di kehidupan aku. Aku menyarankan ketika kamu punya uang receh Rp. 100,-, Rp 500,-, Rp. 1.000,- uang tersebut bisa kamu masukan ke dalam tabungan yang berada di rumah, bisa kamu masukan ke dalam bekas tempat selai.
        
Jadi sebenarnya, kita harus menerapkan di dalam diri kita sendiri, tujuan menabung yang sebenarnya untuk apa sih. Dengan begitu pencapaian untuk nabung pun tidak sia-sia. Hiduplah sebaik mungkin, irit untuk nabung. Pokoknya jangan biarin hidup jadi terkontaminasi dengan hal-hal yang gak penting untuk di beli atau bahkan gak ada manfaatnya. Jangan biarkan kerja capek, tapi gak menghasilkan tabungan sama sekali. Kalau kerja sudah capek tapi uang di ATM membludak, apa gak seneng tuh?
Selamat mencoba tips menabung dari pengalaman aku sendiri ya. Semoga berhasil!

You Might Also Like

0 WRITE A COMMENT

Flickr Images