SOAL NGE-BLOG

Juni 18, 2017


Selama aktif di dunia perbloggeran gue baru sadar bahwa ada banyak jutaan orang yang sudah lebih dulu jadi blogger. Banyak jenis dan macamnya soal pembahasan di blog mereka yang gue temui di internet. Ada yang suka membahas tentang make up, liburan, tips dan lain sebagainya. Tulisan-tulisannya yang gue baca pun terkesan sangat jelas dengan apa yang sedang mereka bahas.
Seperti yang kita tahu kalau di internet ada banyak tips dan cara untuk jadi blogger yang bisa di kenal dengan blogger lain, eits tapi tunggu dulu dari beberapa yang gue perhatiin, di blogger mereka yang sudah lebih dulu bergabung di dunia per bloggeran ada beberapa yang harus lo perhatikan sebelum punya keinginan mau jadi blogger sukses.


1. Gak perlu jadi sosok orang lain. Egimana maksudnya? Iya jadi gini kalau mau nulis itu yang sesuai aja sama passionmu, kalau lebih banyak tahu tentang dunia make up silahkan bahas itu, karena dengan kamu jadi sosok diri lo sendiri untuk menulis itu akan memudahkan lo untuk mengisi blog, jadi gak akan bingung mau nulis tentang apa.

2. Banyak baca supaya yang di sampaikan gak asal menyampaikan aja. Maksudnya adalah memberikan penjelasan kepada para pembaca itu penting, bahkan penting banget, karena dari sini pembaca akan lebih suka untuk merespon lo kembali.

3. Tetap berkomunikasi dengan blogger lainnya. Yups ini cara yang kadang harus mengunakan kata sabar untuk bisa dapet respon balik dari pengguna blog lain. Salah satunya adalah memberi komentar di kolom komentar mereka, agar apa? agar si pengguna blog tahu kalau lo juga punya aku blog kaya beliau, ya syukur-syukur bisa mampir juga ke blog lo. Tapi kalau belom mampir juga tetap jadi pembaca dan komentar setia dia aja, gak harus dia juga kan yang baca blog lo, yg pasti akan ada 1 atau 2 blogger yang mampir ke blog lo. Karena inilah jalan satu-satunya supaya blog lo di kenal orang.

4. Kalau belum terkenal jangan jauh mikirnya untuk bisa jadi blogger terkenal. Udah deh nulis aja dulu, gak perlu pusing mikirin kok gue gak bisa terkenal dan banyak komentar macem blogger itu ya, udah deh jauhin fikiran lo yang kayak gini nih, ini malah jadi bumerang buat lo sendiri, lo akan kesulitan mengisi konten asik untuk blog lo sendiri. Yang penting kan kualitas dari isinya itu sendiri toh.

5. Jangan lelah nulis meskipun belum ada yang komen satupun. Beuhh cocok buat gue. Oke jadi emang agak nganu banget ya kalo nulis tapi gak ada yang komen. Ya inilah fungsinya mengenalkan blog lo ke blogger lain, seperti yang tadi gue jelasin sebelumnya di poin 3.

Gak perlu muluk-muluk mau jadi blogger terkenal, mungkin terkenalnya hanya bonus supaya menjadi motivasi seorang blogger untuk tetap berkarya. Semua butuh proses dari mulai tahap belajar, mengembangkan blog, dan kemudian konsisten untuk tetap berkarya dan berbagi pengetahuan.

You Might Also Like

0 WRITE A COMMENT

Flickr Images